About Me

Clock

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAN : PROGRAM PENJURUSAN DI MANBA



                     Setiap manusia mempunyai kemampuan yang berbeda dan mereka harus menggali potensi mereka melalui proses belajar. mulai dari TK, SD, SMP, SMA (sederajat) dan PT. Pada masa SMA atau sederajatnya merupakan awal untuk menentukan masa depan. tetapi sebelum itu siswa yang naik kekelas XI akan mengambil program study tertentu ( PROGRAM PENJURUSAN) . disekolah kita MAN Bangkalan terdapat empat program penjurusan yaitu : IPA,IPS, BAHASA dan AGAMA.


                     1. PROGRAM IPA.
         Siswa yang mempunyai kemampuan sains dan suka berhitung, biasanya akan memilih jurusan IPA. program IPA lebih menitik beratkan pada konsep konsep kehidupan sehari hari seperti BIOLOGI, KIMIA, FISIKA dan MATEMATIKA. Keistimewaan dari program penjurusan IPA adalah siswa yang melanjutkan kepenjurusan tinggi  dapat memilih  semua program study .siswa yang mengambil jurusn IPA bisa menjadi dokter, profesor, ahli gigi , ahli kimia . perawat ,apotik dan lain_lain.

                      2. PROGRAM IPS
          Bagi siswa yang mempunyai minat pada sosial dan ekonomi akan memilih jurusan IPS, PROGRAM IPS berkaitan dengan kehidupan sosial seperti: SOSIOLOGI, EKONOMI, PKN (pendidikan kewarganegaraan), dan GEOGRAFI. Selain itu peluang mendapat pekerjaan juga sangat luas karna sudah terbiasa bersosialisasi dengan semua masyarakat dan pekerjaan yang mudah di dapat karna peluang masuk jurusan IPS yaitu: menjadi seorang pengacara, pegawai bang, jaksa, bekerja d kantoran.

                  3. PROGRAM BAHASA
      Siswa yang gemar berbahasa akan memilih program BAHASA.BAHASA adalah alat komunikasi, tentusaja kita harus menguasai BAHASA dengan baik agar dapat membawa diri d lingkungan manapun. program bahasa lebaih membahas tentang, BAHASA dan SASTRA, sepeti BAHASA INDONESIA, BAHASA INGRIS, BAHASA ARAB, BAHASA JERMAN, DAN ANTROPOLOGI, siswa yang memiliki cita-cita seprti SASTRAWAN PENULIS PENGARANG, bekerja di bidang jurnalistik akan memilih program BAHASA.

                    4. PROGRAM AGAMA
        Program agama merupakan program ter baru di MANBA, siswa dapat menguasai ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, program agama menitik beratkan pada bidang agama seperti: AQIDAH, AL-QUR'AN HADITS, FIQQIH TAFSIR, DLL, siswa yang mengambil jurusan agama bisa menjadi ustadz, dan ustazah, da'i pengadilan agama dan bahkan bisa menjadi anggota majlis ulama' indonesia. jadi bagi siswa klas X silahkan memilih program penjurusan yang bijak sana dan sesuai dengan kemampuannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar