About Me

Clock

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TIK : PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM MENGUNAKAN TIK .



                 Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.hadirnya komputer menjadikan manusia dapat bekerja lebih efektif dan efisien.Namun,sebagai perangkat teknologi,komputer dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya.untuk itu,perlu adanya prosedur yang baik dalam menggunakan komputer agar tidak berdampak negative bagi kesehatan dan keselamatan kerja.


                Kesehata n dan keselamatan kerja (k3) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam bekerja dengan menggunakan komputer.berbagai penelitian yang telah di lakukan para ahli mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan keselamatan.oleh karena itu,K3 merupakan aspek yang harus di perhatikan dalam menggunakan komputer.
                Penggunaan komputer saat ini semakin luas komputer tidak hanya digunakan di kantor dan di sekolah.tetapi juga di gunakan di lingkungan rumah tangga untuk membantu aktivitas sehari-hari.akan tetapi pada umumnya aspek k3 belum menjadi perhatian para pengguna komputer.walaupun banyak manfaat yang di peroleh dari penggunaan komputer namun belum banyak yang menyadari dampak yang  ditimbulkan dari penggunaan komputer.
                Penyakit yang sering diderita oleh pengguna komputer antara lain nyeri kepala,nyeri otot,dan tulang.penyakit ini sering menyerang pada bahu,pergelangan tangan ,leher,punggung,dan pinggang bagian bawah.selain itu,pengguna komputer dapat terserang penyakit lain,seperti kesemutan,banadan bengkak,anggota badan kaku,sakit ginjal,sakit mata,berarir,nyeri,dan gangguan penglihatan.selain itu,posisi tubuh,posisi peralatan komputer,pencahayaan ruangan,dan kondisi lingkungan  juga dapat sangat mempengaruhi kesehatan,keselamatan,dan kenyamanan,saat bekerja dengan komputer.
                Untuk menjaga keselamatan kerja pengguna komputer harus menyadari bahwa komputer yang dihubungkan dengan listrik mempunyai tegangan tinggi.oleh karena itu,pengguna komputer harus berusaha mencegah terjadinya risiko tersengat listrik. Caranya dengan mengatur kabel-kabel listrik sedemikian rupa sehingga terhindar dari sengatan listrik. Selain itu, di perhatikan pula kabel-kabel yang kemungkinan terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan rusaknya peralatan komputer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar