About Me

Clock

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BANGKALAN " PESAREAN SYAIKHONA HOLIL BANGKALAN "




                      Syaikhona kholil adalah tokoh mayarakat yang pada masanya sangat di hormati. Kiai kholil ini adalah salah satu makhluk Allah yang memiliki kelebihan tersendiri. Meskipun tidak termasuk dam wali songo, namun  pola pikir dan perbuatannya bisa di katakan sama dengan para wali. Syaikhona kholil ini adalah kiai besar asal kota Bangkalan.

            Sekarang beliau suadah wafat, namun kuburannya tidak pernah kosong oleh orang yang mendoakannya. Dan uburannya selalu ramai oleh orang yang berziarah. Apalagi sekarang lokasi makan syaikhona kholil ini sudah di renovasi dan di berikan fasilitas yang layak untuk para peziarah. Dan adanya lokasi parkir yang luas untuk rombongan yang akan berziarah ke makam syaikhona kholil ini.
 
            Makamnya terletak di bangkalan. Tepatnya di di kampung martajasah. Sekarang makam syaikhona kholil ini sudah lebih terjaga di bandingkan dengan dulu. Dan sekarang makam ini selalu menjadi tujuan orang-orang jika berziarah ke kota Bangkalan. Dan setiap harinya pasti orang-orang datang bergantian untuk berziarah,
 
            Tidak hanya orang-orang di luar bangkalan saja yang berziarah ke makam syaikhona kholil ini. Masyarakat kota Bangkalan pun sering berziarah ke makam mbah kholil ini. Terutama pada malam jum’at. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama. Yaitu untuk mendo’akan mbah kholil ini. Dan berharap agar mendapat manfaatnya.
 
            Karena bangunannya yang sudah di renovasi membuat orang-orang di luar Bangkalan tertarik untu berziarah ke makamm mbah kholil ini. Dan mungkin karena bangunannya yang sudah bagus, orang-orang menjadi penasaran dengan cerita masa lalu mbah kholil ini. Dan dengan cerita masa lalu mbah kholil yang sangat menyentuh hati, makanya orang-orang menjadi tertarik untuk berziarah dan mendo’akan mbah kholil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar